6 Cara Efektif Bangkit dari Keterpurukan Hidup

Aisyah reyzz

Ini adalah tulisan tamu dari Mellisa Andriyani.

Setiap orang pasti pernah merasakan masa sulit dalam perjalanan hidupnya. Ketika menghadapi rasa sulit akan ada rasa lain seperti cemas, takut, khawatir dan marah. Rasa itu dapat membuat kita semakin terpuruk dan memicu depresi.
Jika melalui hal seperti itu, maka pasti terdesir kemauan untuk berjuang dan bangkit melanjutkan hidup yang lebih baik dan bersikap lebih dewasa. Masalah dan kegagalan bukanlah lawan dari kesuksesan, tetapi bagian dari kesuksesan itu sendiri.
Jika saat ini Anda sedang mengalami masa yang sulit, entah itu karena masalah pekerjaan, sekolah atau cinta, maka artikel ini dapat membantu Anda untuk bangkit dari situasi tersebut. Berikut ini beberapa cara efektif bangkit dari keterpurukan hidup.

1. Melihat Sisi Positif


Kita tidak memiliki kendali terhadap situasi, begitu juga orang lain. Tetapi yang perlu Anda ingat adalah kita memiliki kendali terhadap apa yang kita pikirkan. Kepribadian, pola pikir dan harapan menentukan bagaimana langkah atau bagaimana kita akan bangkit dan melanjutkan hidup.
Anda harus dapat melihat sisi positif dan manfaat kesulitan tersebut terhadap bagaimana diri kita selanjutnya. Kata-kata motivasi dari tokoh-tokoh dunia mungkin bisa membuat Anda optimistis di tengah keterpurukan ini.
Satu hal yang pasti, semua ditentukan dari dalam diri Anda sendiri. Jika Anda melihat semua masalah dalam sisi positif, dapat dipastikan bahwa Anda bisa menempatkan diri di posisi yang baik dan tentu akan menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.

2. Berpikirlah Secara Lebih Luas



Saat emosi negatif mempengaruhi jiwa Anda, maka situasi yang sebenarnya tidak buruk pun menjadi sangat buruk karena pikiran dan asumsi Anda. Pikiran yang sempit dan pendek dapat membuat Anda lebih depresi dan semakin terpuruk.
Cara bangkit dari keterpurukan hidup agar dapat berpikir secara luas adalah melepaskan rasa bersalah, benci, marah, takut atau khawatir yang Anda rasakan. Saat emosi negatif menguasai diri Anda, maka tugas utama yang harus Anda lakukan secepatnya adalah memisahkan diri dari emosi tersebut.
Tenangkan pikiran Anda terlebih dahulu. Pikiran yang tenang akan membuat Anda menemukan solusi-solusi yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya. Pikiran yang tenang juga dapat membuat Anda lebih relaks dan jernih.

3. Temukan Hikmah Dari Sebuah Masalah


Masalah ada untuk membuat Anda menjadi pribadi lebih kuat dan lebih baik dari sebelumnya. Masalah pasti akan diikuti oleh pelajaran yang berharga yang membuat Anda lebih dewasa.
Mengingat pengalaman pahit memang membuat Anda malu dan merasa bodoh, tetapi di balik semua itu pasti akan ada hikmah yang bisa Anda petik.
Buat gambaran besar tentang kesulitan yang Anda hadapi. Apa penyebabnya, bagaimana pencegahannya, apa nilai bagi kehidupan Anda dan apa yang harus Anda lakukan ketika masalah yang sama terjadi lagi. Tentu Anda tidak akan terjerumus dalam lubang yang sama untuk kedua kalinya kan?
Anda tentu akan mendapatkan pelajaran yang tidak ternilai dari hal tersebut. Jika Anda berpikir menelaah masalah adalah hal yang membuang waktu, maka kemungkinan besar jika menemukan masalah yang sama Anda akan mengulangi kesalahanyang sama juga.

4. Buat Diri Anda Berubah Ke Arah Yang Lebih Baik


Ketika Anda berada di posisi yang terpuruk, cara pasti untuk bangkit dari keterpurukan hidup adalah Anda mengetahui pelajaran apa yang bisa Anda ambil.
Tetapi jangan sampai pelajaran tersebut hanya Anda simpan saja, tapi bagaimana Anda bisa menerapkan dan tidak mengulangi kesalahan yang sama lebih dari satu kali.
Hal tersebut bukan berarti Anda tidak boleh melakukan kesalahan. Melainkan menerapkan apa yang seharusnya dan tidak seharusnya dilakukan lalu berjuang lagi untuk berani mengambil resiko dan mencoba sesuatu yang baru.
Mulailah untuk membuat plan apa yang harus Anda lakukan dan menikmati proses untuk mencapai tujuan. Lakukan tindakan nyata juga, jangan hanya merencanakan tapi tidak melakukan perbuatan. Plan and act sangat penting agar final goal Anda dapat terlaksana.

5. Kendalikan Diri Anda


Jika Anda sedang berada di kondisi yang terpuruk, maka jangan sekali-kali menganggap Anda adalah korbannya. Hal ini justru dapat membuat Anda menjadi seseorang yang lepas tanggung jawab. Selain itu, Anda akan mengalami kesulitan untuk bangkit dan berjuang kembali.
Jadilah seseorang yang memiliki mental juara tinggi. Kendalikan diri Anda dan apa yang Anda akan lakukan. Ketika Anda menjadikan diri sebagai seorang pemenang, maka secara tidak sadar Anda akan berjuang terus hingga titik darah penghabisan.

6. Ingatlah Seseorang Yang Anda Cintai


Tips ini juga sangat berguna agar Anda terhindar dari rasa sedih yang terus menerus. Mengingat seseorang yang dicintai tentu membuat hati dan jiwa Anda lebih kuat. Ingatlah orang tua, teman, anak, suami atau istri Anda agar memperoleh kekuatan jiwa. Apa pun yang terjadi pada Anda, orang yang mencintai Anda akan selalu memberikan support, kepedulian dan rasa sayang.
Itulah 6 cara efektif bangkit dari keterpurukan hidup yang bisa Anda coba. Kegagalan, kekecewaan, dan kekhawatiran adalah hal yang manusiawi dan semua orang pasti pernah merasakannya.
Tetapi yang perlu Anda ingat adalah jangan sampai emosi negatif tersebut Anda terus-teruskan. Tetap semangat, bangkit dan lanjutkan hidup yang lebih baik dan hidup yang Anda inginkan.
Tentang Penulis: Mellisa Andriyani adalah content writer di TipsPengembanganDiri.com, sebuah blog tentang pengembangan diri. Ia merupakan alumni jurusan psikologi dari sebuah universitas swasta di Yogyakarta.

0 komentar