Makassar Menuju Kota Sehat


Makassar merupakan kota metropolitian yang bercita-cita menjadi kota dunia. Makassar yang memiliki jumlah penduduk 1.769.920 memiliki polemik yang masih sulit untuk diselesaikan secara tuntas. Mulai dari masalah kesenjangan sosial, ekonomi, pendidikan dan kesehatan itu terjadi karena tingginya tingkat pertumbuhan penduduk Kota Makassar  sehingga kurangnya kemerataan terhadap informasi, sarana dan prasarana yang disediakan oleh pemerintah Kota Makassar.
Dari segi pembangunan kesehatan yang  sudah dilakukan oleh pemerintah Kota Makassar telah mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Walaupun demikian, tidak dipungkiri masih terdapat masalah seperti masyarakat di daerah yang susah untuk mengakses pelayanan kesehatan serta karena letak geografis yang sulit dijangkau membuat tidak semua masyarakat menikmati fasilitas yang di sediakan oleh pemerintah.
Karena kesehatan merupakan tanggung jawab bersama setiap individu, keluarga, masyarakat, pemerintah dan swasta. Pemerintah Kota Makassar dalam kebijakannya mengamanatkan Peningkatan Taraf Kesehatan Masyarakat sebagai prioritas bagi pembangunan Kota Makassar, dengan menempatkan peningkatan derajat kesehatan masyarakat sebagai Program Utama. Keberhasilan pembangunan kesehatan ditentukan oleh kontribusi dari semua sektor, berdasarkan fungsi dan peranannya masing-masing. Pembangunan berwawasan kesehatan mengandung makna bahwa setiap pembangunan harus berkontribusi terhadap peningkatan derajat kesehatan masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung.
Di kota makassar terdapat program yang membuat Makassar menjadi Top Inovasi Pelayanan Publik 2017 dari sisi kesehatan ialah :

LONGSET (Lorong Sehat)


Lorong sehat merupakan program inovasi dari Dinas Kesehatan Kota Makassar. Longset ialah program Inovasi Informasi Pelayanan Publik yang masuk dalam 99 besar Top Inovasi Pelayanan Publik 2017 versi KemenPAN-RB. Dengan adanya Longset ini, pemerintah berupaya mewujudkan lorong-lorong sehat di seluruh Makassar dengan dibantu Puskesmas di masing-masing kecamatan.
Terdapat 12 indikator yang harus dipenuhi, di antaranya program Keluarga Berencana (KB), fasilitas kesehatan, imunisasi dasar lengkap untuk bayi, ASI eksklusif, pemantauan pertumbuhan balita, dan pengobatan tuberkolosis sesuai standar.

Dottoro’ta Home Care


Home care merupakan pelayanan kesehatan secara komprehensif dan berkesinambungan kepada individu dan keluarga di tempat tinggal, dengan tujuan untuk meningkatkan kemandirian pasien dan keluarga dalam pemeliharaan dan perawatan anggota keluarga yang bermasalah kesehatan. Sehingga dapat meminimalkan dampak penyakit. 
Jumlah dari dottorotta’ ialah 48 unit mobil. Dottorotta diambil dari adopsi bahasa Makassar  yang artinya dokter kita. Mobil ini berukuran minim sekitar 1,4 meter yang  sengaja dirancang agar mudah menjangkauan seluruh model pemukiman masyarakat. Mobil kecil ini di lengkapi semua kelengkapan fasilitas bantuan kesehatan pertama bagi seluruh warga Makassar yang beroperasi 24 jam.
Dottoro’ta ini dilengkapi dengan sejumlah obat, alat medis lainnya dan tabung oksigen. Bahkan akan dilengkapi dengan alat monitor kondisi pasien yang menghubungkan langsung ke dokter ahli sehingga dokter spesialis bisa tetap melakukan diagnosa baik berdasarkan hasil pemeriksaan EKG untuk penderita jantung dan USG untuk kehamilan dan penyakit dalam, bahkan jika dokter spesialisnya sedang di luar negeri.

Hal yang telah dilakukan oleh pemerintah Kota Makassar  merupakan salah satu langkah baik untuk meningkatkan dari segi kesehatan warga Makassar. Seperti halnya yang dilakukan oleh PT. Astra Internasional yang melakukan langkah nyata untuk berperan aktif dalam meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia dalam bidang pendidikan, lingkungan, UKM (Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat) serta kesehatan.
Astra sangat peduli terhadap peningkatan kesehatan masyarakat Indonesia khususnya di daerah. Astra menyadari bahwa kesehatan masyarakat sangat penting untuk menunjang keberlanjutan, baik individu, perusahaan, dan negara. Hal ini diwujudkan dalam bentuk bantuan peningkatan kesehatan berupa beberapa program yang dilaksanakan Astra Grup.


Mobil Kesehatan Astra (MOKESA)
Mobil Kesehatan Astra (Mokesa) adalah bantuan pengobatan gratis yang diberikan Astra bagi masyarakat di sekitar instalasi Astra di beberapa wilayah DKIJakarta dan Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Mokesa menyediakan bentuk layanan kesehatan bebas biaya seperti pemeriksaan dasar, pemeriksaan darah, dan pemeriksaan gigi bagi siswa PAUD. Dalam penyelenggaraan Mokesa ini Astra telah mengeluarkan dana lebih dari Rp 1,5 Miliar.

Pembinaan POSYANDU
Astra mengembangkan program Posyandu dengan teknologi informasi (IT) untuk melihat lebih detail mengenai keadaan status perkembangan gizi anak dan kesehatan lainnya. Dengan adanya Posyandu berbasis IT, keadaan status gizi anak secara otomatis dapat diketahui cukup dengan memasukkan hasil pengukuran ke dalam software. Grup Astra telah mengembangkan 905 Posyandu di seluruh Indonesia. Seperti yang telah dilakukan di Kelurahan Rappocini. Astra melakukan Bina Pos Kesehatan yang bertujuan agar warga sekitar daerah tersebut dapat memperoleh layanan kesehatan.

#generAKSISEHATIndonesia
Astra juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk berkomitmen menjalankan hidup sehat demi masa depan yang lebih baik, melalui sebuah gerakan yang memanfaatkan social media bertajuk #generAKSISEHATIndonesia. Astra mengajak masyarakat untuk menggugah foto atau video berisi komitmen sehat yang dituliskan di atas kertas ke FacebookTwitterInstagram, dan Youtube dengan disertai hash tag #generAKSISEHATIndonesia. Satu foto atau video akan dikonversikan menjadi social action yang berarti sebuah kacamata untuk anak Indonesia khususnya di wilayah DKI Jakarta dan beberapa daerah perbatasan di Atambua dan Nunukan yang membutuhkan. Hingga akhir 2014, terdapat lebih dari 4.005 posting yang berarti lebih dari 4.005 kacamata yang diberikan oleh Astra dengan biaya Rp 1,1 Miliar.

Diharapkan semua permasalahan kesehatan yang dialami masyarakat kota Makassar dapat segera teratasi oleh fasilitas yang telah tersedia. Menjaga kesehatan diri merupakan tanggung jawab setiap individu. Karena sebagus apapun program yang diberikan tetapi jika tidak digunakan dengan efisiensi maka tidak ada gunanya. Jadi Ayo budayakan Hidup Sehat untuk diri sendiri. Ini ada 3 tips budaya hidup sehat yang bias teman-teman praktekkan pada diri sendiri dan keluarga :


Menciptakan Keluarga Kecil Yang Sehat
Keluarga kecil adalah sebuah keluarga yang terdiri dari ayah, ibu dan dua orang anak. Menjaga kesehatan dimulai dari menjaga kesehatan makanan, minuman, lingkungan dalam rumah, lingkungan luar rumah, kesehatan diri sendiri dan sebagainya. Penerapan budaya hidup sehat akan sangat efektif jika keluarga termasuk dalam kelompok keluarga kecil karena keluarga kecil memungkinkan kita terus berinteraksi dan komunikasi aktif untuk setiap orang pada setiap situasi dan kondisi. Keluarga kecil ini akan terus mengupayakan membentuk keluarga sehat setiap waktunya dengan cara pengontrolan yang mudah dan efektif setiap hari. Kebersamaan dan keakraban kita itulah yang menyebabkan keluarga kecil mempunyai kesempatan menerapkan gaya hidup sehat sebaik-baiknya.

Menciptakan Lingkungan Hidup Yang Sehat
Merawat dan menjaga lingkungan sekitar rumah sangatlah penting. Salah satu manfaat lingkungan hidup sehat adalah meningkatkan kualitas kesehatan tubuh Anda sendiri. Berikut merupakan tips dan cara menciptakan kebersihan lingkungan.
  • Menjaga kebersihan rumah. Membuang sampah dapur, menyapu dan mengepel lantai rumah secara rutin akan meminimalisir jumlah kuman merugikan yang bisa merusak kesehatan.
  • Tidak hanya di dalam rumah, lingkungan sekitar rumah pun harus mendapat perhatian. Bersihkan halaman atau taman rumah Anda dari kotoran atau sisa-sisa daun. Lakukan kerja bakti minimal seminggu sekali untuk membersihkan lingkungan rumah, seperti menyapu halaman, membersihkan dan melancarkan aliran got di dekat rumah. Lingkungan hidup sehat identik dengan penghijauan di sekitar rumah. Beri tanaman yang cukup di halaman rumah Anda.
  • Atur rumah agar memiliki sirkulasi udara dan pencahayaan yang baik. Udara yang baik dan pasokan cahaya matahari yang cukup di dalam rumah, akan sangat mempengaruhi kesehatan Anda.
  • Lingkungan hidup sehat juga tergantung pada air bersih di sekitar rumah Anda. Pastikan bahwa rumah Anda mendapat fasilitas air pam atau air bersih. Anda juga bisa membuat sumur pribadi di rumah Anda sebagai cadangan air bersih.
  • Pastikan di depan rumah Anda tersedia tempat sampah untuk menampung sampah yang ada di dalam rumah. Gunakan plastik untuk membungkus sampah Anda agar sampah tidak kocar-kacir dan mengotori area depan rumah.

Menciptakan Kebiasaan Yang Sehat
  • Berolahraga Secara Rutin.
  • Mengkonsumsi Makanan Sehat.
  • Istirahat cukup.
  • Memelihara kebersihan diri

Tulisan ini diikutsetakan dalam lomba 

Sumber Data :

19 komentar

  1. Hampir sama ya itu program pemerintah dan programnya astra sama-sama melayani pasian menggunakan mobil. mantap makassar menuju kota dunia yang warganya sehat-sehat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya makassar sekarang sudah mulai berinofasi pelayanan publiknya

      Hapus
  2. ternyata banyak program pemkot yang belum saya ketahui. makasih informasinya kak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak sama-sama.. kapan" jalan" ke makassar ya kak. udah berubah banget loh dari wktu kakak kesini

      Hapus
  3. bagusnya ini dottoro’ta Home Care mempermudah aksesnya orang berobat di'

    BalasHapus
    Balasan
    1. iye kak.. jadi kl jauh rumahnya dan ndak ada kendaraan untuk bawa ke dokter dottoto'ta siap membantu

      Hapus
  4. Semoga kedepannya Makassar semakin sehat kota dan warganya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak kak abby semoga semakin banyak program" kreatif agar makassar semakin maju hehehe :D

      Hapus
  5. Kesehatan merupakan hak segala bangsa. Sekaligus kewajiban kita semua untuk menjaga lingkungan demi kesehatan diri dan keluarga serta anak cucu kita di masa depan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak ndy apa gunanya program bagus tpi kalau masyarakatnya acuh ta acuh

      Hapus
  6. Kita generasi muda adalah agen perubahan, ayoo terus bersuara kak aisyaah, untuk Makassar dan Indonesia yang lebih baik lagi

    www.ayuindah.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi agent of change tpi dimulai dari diri sendiri dlu :D

      Hapus
  7. Banyak ya inovasi di kota kita. Semoga makin baik ke depannya.

    BalasHapus
  8. Astra memang luar biasa, mengalokasikan banyak tenaga dan dana untuk program CSR yang oke punya

    BalasHapus
  9. Keren infografisnya Aisyah. Btw, Astra memang the best lah yah. Perusahaan yang musti banget dicontoh karena banyak memberikan hal-hal positif bagi Indonesia.

    BalasHapus
  10. uwuwuwu makasih tips2 hidup sehatnya kaka~~

    BalasHapus
  11. Makassar makin keren aja nih program-programnya. Astra juga euy, gimana gak keren tuh 60 tahun menginspirasi dengan inovasi-inovasi unggulannya.

    BalasHapus
  12. salut melihat wajah Makassar saat ini.. semoga perbaikan lingkungan & pelayanan kesehatan makin merata dirasakan seluruh warganya.. Aamiin

    BalasHapus
  13. Program Astra sejalan dengan program pemerintah, ini baru mantap.

    BalasHapus