Keseruan Jambore Fotografi 2017


Salam Fotografi, pada tanggal 8 dan 9 April 2017 sedang berlangsung acara Jambore Fotografi 2017. Acara ini berlansung di Benteng Somba Opu yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Makassar bekerja sama dengan Federasi Fotografi Sulawesi Selatan (FFSS). Acra ini di ikuti oleh 500-an fotografer dari sulawesi selatan bahkan ada yang dari luar sulawesi setalan.


Pada hari pertama Pukul 08.30 sebelum pembukaan dimulai para peserta Jambore disuguhkan model lokal yang siap berpose dan di potret. Dalam acara ini terdapat 30 model lokal dan 1 model dari Berazil yaitu Amnda da Silva yang menjadi salah satu model andalan para fotografer.


Pada pukul 10.00 Open Ceremony di mualai yang dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Makassar, Ibu Ir. Hj. Rusmayani Madjid, MSP beserta jajarannya dan perwakilan Walikota Makassar, Bapak Ir. H. Kusaiyyeng, M.Si, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemkot Makassar yang sekaligus membuka event Jambore Fotografi Ini.


Setelah acara ceremony langsung di lanjutkan dengan Lomba Foto Budaya 1. Para fotografer semakin antusian dan mengerumuni para penari. Saking antusiasnya sampai lupa untuk mengkosongkan clean area sehingga agak sulit mendapatkan foto yang tanpa ada bocor-bocornya hehhee (Mungkin karena saya masih amatir kali ya..)


Selanjutnya dilanjutkan dengan Sharing Session 1 yang di bawakan oleh kanda Sandhy Geta yang merupakan owner dan fotografer di Geta Multimedia. Sharing Session 1 ini membahas tentang Food Fotografi.


Agenda berikutnya ialah rally foto di mana para peserta di bagi menjadi 5 kelompok untuk memecahkan 3 soal yang deberikan oleh panitia kaya main teka-teki gitu tetapi cara menjawabnya harus dengan sebuah foto. Di mana pertanyaan pertama itu rumah adat sulawesi selatan? Di benteng somba opu-kan banyak rumah adat jadi bebas para peserta menentukan rumah adat SulSel mana yang akan mereka foto. Soal yang kedua, pusat penyimpanan benda-benda bersejarah? Dibentengkan ada museum, jadi itu merupakan jawabannya. Dan pertanyaan terakhir ialah kegiatan keseharian didermaga Benteng Somba Opu.


Untuk menutup sore yang cerah ini, huntting terakhir di hari pertama di akhiri dengan huntting model yang berada di beberapa lokasi sehingga para fotografer tidak perlu saling berebut lagi untuk mendapatkan foto yang bagus (Tanpa bocor-bocor gitu hehhe)


Agenda malamnya ialah Sharing Session 2 dan pengumpulan foto hasil huntting rally foto. Peserta diminta memilih 3 foto terbaiknya dan di stor kepanitian yang akan di jurikan secara terbuka.


Sungguh menjadi sebuah kebaggan saya dapat mengikuti Jambore Fotografi di tahun ini. Disini saya dapat belajar, sharing sesama fotografer dan menambah teman. Itulah keseruan di Jambore Fotografi di hari pertama.. yuk buat kalian yang suka motret, suka fotografi datang di hari ke-2 Jambore ikutan sharing sessionnya udah gratis dapat ilmu pula hehehhe.....

3 komentar

  1. Wah..ada juga sharing session Food Photography ya? Keren 👍

    BalasHapus
  2. Keren memang ini event Jambore Fotografi. Yang kurang karena ndak fotoki sama Amanda :'(

    BalasHapus